BKS Kelas 11 Semester Ganjil

Artikel ini hanya membantu anda menyelesaikan BKS, bukan menjamin nilai UH anda lolos. Jawaban harus ditulis tangan lagi di Buku BKS masing-masing (tidak boleh tempel) dan dimengerti sebagai bagian dari pembelajaran persiapan ulangan! (Pada dasarnya, semua jawaban terdapat di buku Diktat) 

Bagian pendalaman materi wajib diisi sendiri karena jawaban tiap orang berbeda! (Butuh tanggapan pribadi)


POKOK BAHASAN 1 : Sejarah Gereja Kristen Katolik



Apa yang membedakan pribadi Yesus sebagai rabi agama Yahudi dengan rabi pada umumnya? Jelaskan!

Diantara para pengikut Yesus terdapat perempuan, suatu keadaan mustahil yang jarang terjadi pada kalangan rabi. Yesus memperhatikan anak-anak kecil, suatu perbuatan yang berlainan sekali dengan perilaku rabi biasa. Yesus rela bergaul dengan orang-orang berdosa (pemungut cukai dan perempuan sundal). Yang diajarkan Yesus adalah diri sendir. Yesus mengajar dengan cara memperhadapkan orang kepada tantangan pokok (rela mengabdikan diri pada Allah)

Apa yang menyebabkan orang-orang banyak mengikuti Yesus?

Pengajaran Yesus membangun mental umatNya untuk berkomunikasi dengan Allah yag penuh kasih. Selain itu, Yesus tidak hanya bicara soal kasih. Ada yang menyakini bahwa kehadiran Yesus akan membebaskan mereka dari penderitaan akibat penjajahan bangsa lain selama berabad-abad dan ingin menjadikanNya raja (bdk. Yohanes 6:15)

Jelaskan pemahaman para pengikut memahami pribadi Yesus terutama para rasul Yesus!

Selama hampir 3 tahun hidup bersama Yesus, para murid semakin yakin bahwa Yesus bukan hanya rabi biasa, bahkan Ia lebih besar dari semua nabi Allah yang pernah ada (bdk. Matius 16-17). Tanpa melihat jawaban semua orang banyak tentang diri Yesus, Petrus, yang sekiranya mewakili jawaban seluruh muridNya, menjawab "Engkau aadalah Mesias, Anak Allah yang hidup." Artinya, para pengikutNya mengakui bahwa Yesus adalah tokoh yang dijanjikan Allah untuk membebaskan penderitaan Israel, yaitu Mesias dan Putra Allah, sebagai penggenapan nubuat Perjanjian Lama.

Apa Peran Yesus bagi Gereja?

Bagi Gereja, Yesus selama 3 tahun hidup di depan umum, telah meletakkan dasar-dasar jemaat, yakni:

  1. Ia mengumpulkan murid-muridNya dan menghubungkan mereka dengan perutusanNya (bdk. Markus 3:13-16)
  2. Ia memilih Petrus untuk bertanggung jawab atas jemaat (bdk. Markus 16:18)
  3. Ia menjadikan kedua belas rasul dan muridNya sebagai persekutuan para saksi (bdk. Yohanes 15:16) dan menjanjikan bagi mereka karunia Roh Kudus yang akan membantu mereka memahami kepenuhan terang yang telah dibawa ke dunia (bdk. Yohanes 16:13)

Bagaimana nasib akhir hidup Yesus?

Pada suatu malam, Yesus ditangkap melalui sebuah pengkhianatan Yudak Iskariot dan dihadapkan ke sidang Sahendrin di Yerusalem dan didakwa melakukan hujat Sahendrin, kemudian mempersuasi otoritas kekaisaran Romawi untuk menjatuhkan hukuman mati. Ia disalibkan oleh Bangsa Romawi atas dakwaan kejahatan politik. Pada hari disalibkan itu juga, Yesus wafat dan dimakamkan oleh para MuridNya di sebuah kubur dekat dengan lokasi penyaliban.

Apa yang dilakukan para murid Yesus setelah Yesus wafat?

Para murid Yesus menurunkan jenazah Yesus dari salib, membawaNya je sebuah kubur dekat tempat penyaliban dan membaringkanNya di dalam kubur tersebut. Lalu, mereka kembali ke Yerusalem karena persiapan hari sabat.

Mengapa Pentakosta diperingati sebagai hari "lahirnya" Gereja?

Ketika Pentakosta, Roh Kudus turun atas para rasul dalam rupa lidah api. Para rasul kemudian mendapat iman yang begitu kuat dan disaksikan banyak orang. Akibatnya, 3000 orang menyerahkan diri kepada Para Rasul untuk dibaptis dan menjadi cikal bakal berdirinya Gereja Perdana.

Dimanakah para pengikut Yesus untuk pertama kalinya disebut Kristen?

Anthiokhia, sebagai kota terbesar ketiga dalam wilayah kekaisaran Romawi. 


Bagaimana tanggapan pengikut agama Yahudi terhadap kemunculan agama Kristen?

Pengikut Agama Yahudi menjadi takut dan benci. Di Roma, Agama kristen dianggap sebagai agama ilegal.

Jelaskan faktor yang menyebabkan pemerintah Romawi mengejar dan menganiaya orang-orang Kristen di wilayah kekaisaran mereka!


  • Orang Kristen hanya menyembah satu Tuhan, bukan banyak dewa (monoteisme)
  • Kebiasaan orang Kristen dalam setiap pertemuan ibadat selalu makan daging dan minum darah seorang bayi (kanibalisme)
  • Kata "cium kudus" yang dianggap melakukan perzinahan (imoralitas dalam kebaktian)
  • Memiliki kode moral yang asing (kesetiaan dalam perkawinan dan menolak pembunuhan bayi sebagai korban persembahan) 


Apa yang dilakukan oleh orang-orang Kristen ketika terjadi pengejaran dan penganiayaan?

Orang-orang Kristen pergi bersembunyi di gua-gua dan hutan untuk menyelamatkan diri, tetapi iman mereka akan Kristus tidak pernah pudar sekalipun mereka tertangkap.



Kapan dan siapa yang membuat penganiayaan dan pengejaran terhadap orang Kristen di kekaisaran Romawi berhenti?

28 Oktober 312 oleh Kaisar Konstatinus.

Apa yang menyebabkan berhentinya penganiayaan dan pengejaran terhadap orang-orang Kristen?

28 Oktober 312, Kaisar Konstatinus memimpin pasukan Romawi berperang melawan Pons Milvius. Jumlah prajurit Roma saat itu sedikit. Pada malam menjelang pertempuran, Kaisar Konstatinus yang sedang berdoa pada dewa mohon bantuan mendapat penglihatan sebuah tanda berupa huruf P dengan X yang berada di tangkainya. Maka, ia meminta prajuritnya untuk menerakan lambang tersebut pada perisai dan senjata mereka. Pertempuran berhasil dimenangkan oleh Roma. Setelah itu, diketahui bahwa lambang tersebut adalah 2 huruf pertama kata "Kristus" dalam bahasa Yunani (ΧΡΙΣΤΟΣ).

Jelaskan dampak dari berhentinya penganiayaan dan pengejaran terhadap orang-orang Kristen!

Umat Kristen lebih bebas untuk beribadat setelah 3 abad lamanya dimusuhi dan dianiaya. Dukungan kaisar ditandai dengan dibangunnya basilika-basilika, kitab suci diproduksi, harta benda dikembalikan. Puncaknya adalah pemberian Konstatinus berupa Istana Lateran (Basilika St. Yohanes Lateran) sebagai tempat tinggal bagi Paus (pada waktu itu Basilika St. Petrus belum ada). 




Apa keprihatinan yang terjadi pada Gereja di abad Pertengahan?

Gereja terutama Paus mengalami kemunduran moral akibat adanya pencampuran urusan politik dengan agama. Selain itu, muncul pro dan kontra tentang penggunaan ikon dalam Gereja.

Bagaimana tuntunan Roh Kudus terwujud selama abad pertengahan dalam Gereja?

Tuntunan Roh Kudus ditandai dengan munculnya pergerakan umat untuk mengusahakan kehidupan religius dan mengejar kekudusan yang dipelopor oleh St. Benediktus dna berhasil mendirikan biara di berbagai negara dengan mengambil semangat hidupnya "Ora et Labora" yang berarti bekerja dan berdoa.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Perang Salib!

Perang salib adalah gerakan umat Kristen di Eropa yang memerangi umat muslim di Palestina secara berulang dari abad ke-11 hingga 13 untuk merebut Tanah Suci dari kekuasaan Kaum Muslim dan mendirikan Gereja dan kerajaan Latin di Timur. Perang Salib bukanlah perang antar agama, melainkan perang untuk merebut wilayah. Dinamakan perang salib karena setiap orang Eropa yang ikut bertempur dalam peperangan memakai tanda salib pada bahu, lencana, dan panji-panji mereka. 

Apa yang dimaksud dengan skisma timur-barat dalam Gereja?

Skisma adalaha pemisahan yang terjadi di dalam lembaga Gereja atau pemisahan diri dari persaudaraan umat beriman tanpa menyangkal agama.
Skisma timur-barat artinya terjadi pemisahan Gereja antara negara-negara Eropa di Barat dengan Asia di Timur.

Sebutkan sebab-sebab pemicu terjadinya skisma timur-barat dalam Gereja!

Penyebab skisma lebih mengarah pada birokrasi yang ada dalam kekristenan dan umumnya menyangkut disiplin dan tata tertib.
1. Rivalitas pribadi antar otoritas dalam Gereja
2. Persaingan yang menyangkut bidang ekonomi, sosial, dan kebangsaan.
3. Persaingan takhta antara Roma dan Konstatinopel
4. Perbedaan rumusan iman
5. Masalah Tata tertib, seperti selibat para imam.

Apa dampak dari peristiwa skisma timur-barat?

Skisma barat (Roma) berhasil mempertahankan diri dari gempuran umat Muslim. Sedangkan skisma timur (Alexandria dan Anthiokhia) berhasil dikuasai oleh umat Islam dan menjadi kekuasaan islam hingga saat ini.

Apa praktik penyimpangan para pemimpin Gereja pada periode Gereja di awal mula Eropa?


  1. Simoni = Jual beli jabatan religius
  2. Nepotisme = pemberian jabatan raja/pejabat tinggi seringkali kental dengan aroma kekerabatan, bukan kapasitas
  3. Beberapa uskup diangkat oleh raja tanpa persetujuan Paus

Bagaimana gerakan pembaharuan yang dilakukan Gereja pada periode tersebut?

Biarawan-biarawan mulai membuat perubahan dasar. Biarawan Cluni Prancis membuat gerakan pembaharuan terhadap Gereja. Kedalaman spiritualitas dan kekudusan para biarawan menginspirasi umat Kristen untuk mengikuti cara hidup mereka sehingga muncul biara-biara baru di Eropa. Muncul pula praktik hidup rohani baru seperti St. Fransiskus Asisi (cara hidup yang sederhana), St. Bernardus (Khotbah) dan St. Hildegardus (Nabi dan visionaris).

Sebutkan perpecahan yang terjadi dalam Gereja pada abad ke-16!

Gereja Kristen muncul setelah Martin Luther memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma dan mendirikan Gereja Lutheran. Diikuti tokoh lain seperti Yohanes Calvin, John Knox. Munculnya Gereja Anglikan Inggris juga menjadi bentuk perpecahan Gereja abad tersebut.

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perpecahan pada abad ke-16!

Munculnya tokoh-tokoh yang ingin membawa pembaruan dalam Gereja Katolik Roma, serta adanya perbedaan pandangan ajaran Katolik.

Apa yang membedakan antara Gereja Katolik dengan Gereja Protestan?


KatolikProtestan
Ada rosario, patung bunda maria, gua maria, dll. semua tidak digunakan/dihapus
Ada corpus pada salib Tidak ada corpus
Patung masih dipertahankan sebagai alat bantu Berdoa di depan patung dianggap menyembah berhala
Setiap misa ada komuni. Semua roti dan anggur sisa akan ditahatakan Belum tentu ada komuni di setiap kebaktian. Roti dan anggur hanya simbol


Apa itu Gereja Anglikan dan dari mana asal usulnya?

Gereja Anglikan Inggris adalah salah satu pecahan Gereja Katolik yang berpusat di Inggris. Raja Henry VIII dari Inggris (1534) melalui Act of Supremacy menyatakan dirinya sebagai kepala Gereja Inggris. Faktor penyebabnya adalah penolakan Paus Klemens VII untuk menceraikan raja dari istrinya, Catherine of Aragon. Raja Henry akhirnya tetap bercerai dan menikah dengan Anne Boleyn. Lalu, paus mengekskomunikasikan Henry dan dibalas dengan mengambil alih Gereja Katolik di Inggris.

Apa tantangan yang dihadapi Gereja pada abad XVII-IXX (17-19)?

Munculnya aliran pencerahan di Eropa. Pencerahan adalah gerakan yang didasakan pada ilmu pengetahuan dan rasionalitas. Gerakan ini terdiri dari unsur-unsur antiagama dan dalam banyak hal menjadi agama sendiri. Beberapa aliran yang muncul dari gerakan ini ialah Febronianisme, Josephisme, Jansenisme, Gallikanisme, dan Penindasan para Jesuit.

Jelaskan perkembangan Gereja pada abad XVII-IXX (17-19)!

Sejak abad XVII (17), penjelajah Eropa menjelajahi seluruh dunia dan sekaligus membawa iman mereka ke seluruh dunia. Perkembangan Gereja di luar Eropa mulai tumbuh pada negara-negara jajahan Eropa. Mayoritas pertobatan yang terjadi seperti di Amerika dan Asia berkat para misionaris baik Kristen maupun Katolik yang tinggal dan mengajar masyarakat setempat. Namun, tidak semua pertobatan terjadi di bawah ancaman kekuasaan kolonial. Pada waktu itu, bersama dengan para penjelajah, banyak misionaris yang terpanggil untuk mewartakan Yesus di tempat/daerah yang belum mengenal Kristus. Mereka bertindak atas nama Gereja, bukan negara jajahan. Contohnya adalah Fransiskus Xaverius yang telah mewartakan injil sampai ke India melewati Indonesia, Filipina, dan Jepang.

Jelaskan perkebangan positif yang dominan terjadi di masa Gereja Modern!

Saat ini, Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur telah mengambil langkah untuk memperbaiki hubungan yang rusak, dan juga antara katolik-Lutheran. Gereja juga terlibat dalam kehidupan manusia di semua aspek. Paus Yohanes XXIII menyelenggarakan Konsili Vatikan II (1962-1965) membahas peran Gereja di dunia modern. Alhasil, 16 dokumen berhasil disusun untuk membimbing, mempersatukan, memperbarui, dan memodernisasi Gereja.

(Perkembangan Gereja Modern akan dipelajari di Semester 2 tentang ASG)



POKOK BAHASAN 2 : Sifat-sifat Gereja Katolik



Jelaskan pengertian Gereja Katolik bersifat satu!

Semua anggota Gereja mengimani satu Tuhan, mempraktekkan satu iman, satu dalam komuni, dan ada di bawah kepala Gereja yang satu, yakni Paus yang mewakili kepala Gereja yang tidak kasat mata, yakni Yesus Kristus (bdk. Yohanes 10:16)

Apa saja faktor yang membuat Gereja Katolik bersifat satu?


  1. Gereja itu satu menurut asalnya, yang adalah Tritunggal Mahakudus, kesatuan Allah tunggal dalam 3 pribadi, Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
  2. Gereja itu satu menurut pribadiNya, Yesus Kristus, yang telah mendamaikan semua orang dengan Allah melalui darahNya di salib. 
  3. Gereja itu satu menurut jiwanya, yakni Roh Kudus, yang tinggal di hati umat beriman yang menciptakan persekutuan umat beriman, dan yang memenuhi serta membimbing seluruh Gereja. 

Sebutkan upaya-upaya untuk memperjuangkan sifat kesatuan Gereja Katolik!


  1. Aktif dalam kehidupan Gereja
  2. Setia dan taat pada persekutuan umat, termasuk hierarki.
  3. Lebih bersifat jujur dan terbuka satu sama lai, lebih melihat kesamaan daripada perbedaan
  4. Mengadakan berbagai kegiatan sosial dan peribadatan bersama, seperti misa ekumene. 

Jelaskan pengertian Gereja Katolik bersifat kudus!

Gereja menjadi perwujudan kehendak Allah Mahakudus untuk sekarang juga mau bersatu dengan manusia dalam kekudusannya (bdk. Lumen Gentium 8, 39, 41, 48).
Gereja adalah sarana keselamatan dan rahmat Tuhan di dunia serta merupakan tanda rahmat yang kudus, yang akan menang secara definitif pada akhir zaman. Gereja tak akan pernah kehabisan tanda dan orang kudus (Bdk. Ibrani 2:1).

Apa saja faktor yang membuat Gereja Katolik bersifat kudus?


  1. Sumber dari mana Gereja berasal adalah kudus. Gereja didirikan oleh Kristus. Gereja menerima kekudusannya dari Kristus atas doa-doaNya.
  2. Tujuan dan arah Gereja adalah kudus. Gereja bertujuan untuk kemuliaan Allah dan penyelamatan umat manusia.  
  3. Jiwa Gereja adalah kudus, yaitu Roh Kudus.
  4. Unsur ilai yang autentik di dalam Gereja adalah kudus, seperti ajaran dan sakramen.  
  5. Anggotanya adalah kudus, karena ditandai oleh Kristus melalui pembaptisan dan diserahkan kepada Kristus serta dipersatukan dalam iman, harapan, dan cinta yang kudus.  

Sebutkan upaya-upaya untuk memperjuangkan sifat kekudusan Gereja Katolik!

  1. Saling memberi kesaksian untuk hidup sebagai putra-putri Allah
  2. Memperkenalkan anggota Gereja yang sudah hidup secara heroik untuk mencapai kekudusan
  3. Merenungkan dan mendalami Kitab Suci, khususnya ajaran dan hidup Yesus, yang merupakan pedoman dan arah hidup kita. 

Jelaskan pengertian Gereja Katolik bersifat Katolik!

Kata katolik menunjukkan Gereja yang berkembang di seluruh dunia. Kata "katolik" dipakai untuk menyebut Gereja yang benar, Gereja universal yang dilawankan dengan sekte-sekte. Kata katolik tidak hanya mempunyai arti geografis, tetapi juga menyeluruh, dalam arti lengkap berkaitan dengan ajarannya, serta terbuka dalam arti tertuju kepada siapapun.

Apa saja faktor yang membuat Gereja Katolik bersifat katolik?

Gereja bersifat katolik karena terbuka bagi dunia, tidak terbatas pada ruang dan waktu, bangsa, kebudayaan, dan golongan masyarakat. Kekatolikan Gereja tampak dalam rahmat dan keselamatan yang ditawarkan serta iman dan ajaran Gereja yang bersifat umum.

Sebutkan upaya-upaya untuk memperjuangkan sifat kekatolikan Gereja Katolik!

  1. Sikap terbuka dan menghormati kebudayaan, adat istiadat, bahkan agama bangsa manapun
  2. Bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkehendak baik dalam mewujudkan nilai luhur di dunia
  3. Berusaha untuk memprakarsai dan memperjuangkan dunia yang baik untuk umat manusia


Jelaskan pengertian Gereja Katolik bersifat apostolik!

Gereja yang apostolik berarti bahwa Gereja yang berawal dari para rasul, dan tetap berpegang teguh pada iman mereka. Dengan sifat apostolik, Gereja mengakui dirinya sama dengan Gereja Perdana, yakni Gereja Para Rasul. Hubungan ini tidak dimengerti sebagai pergantian orang, melainkan segala kelangsungan iman dan pengakuan.

Apa saja faktor yang membuat Gereja Katolik bersifat apostolik?

Gereja disebut apostolik karena Gereja berhubungan dengan para rasul yang diutus Kristus. Hubungan ini tampak dalam legitimasi fungsi dan kuasa hierarki dari para rasul, ajaran Gereja yang diturunkan dan berasal dari kesaksian para rasul, serta ibadat dan struktur Gereja yang pada dasarnya berasal dari para rasul

Sebutkan upaya-upaya untuk memperjuangkan sifat keapostolikan Gereja Katolik!

  1. Setia dalam mempelajari Injil, karena Injil merupakan iman Gereja para rasul
  2. Menafsirkan dan mengevaluasi situasi konkret dengna iman Gereja para rasul
  3. Setia dan loyal kepada hierarki sebagai pengganti para rasul.  

POKOK BAHASAN 3 : PANGGILAN DAN PERUTUSAN GEREJA


Jelaskan apa yang dimaksud Tri tugas Yesus!

Tri Tugas Yesus adalah tugas nabi, tugas imami, dan tugas rajawi. Tugas nabi adalah tugas pewarta. Tugas imami merupakan tugas pengudusan/perayaan, dan tugas raja - dalam bahasa Konsili Vatikan II - diartikan sebagai tugas melayani.

Berikan contoh tindakan Yesus yang menjalankan tugas kenabianNya dalam injil!

Dalam menjalankan tugas kenabian, Yesus menjadi seorang pewarta. Ia mengajar para muridNya, Ia banyak bernubuat, Ia sering berkhotbah di hadapan umum, serta mewartakan injil. Tigas paling penting Yesus sebagai seorang pewarta dalam menjalankan kenabianNya yaitu Ia mewartakan injil kepada seluruh umat di daerah-daerah dan kota-kota.

Berikan contoh tindakan Yesus yang menjalankan tugas imamiahNya dalam injil!

Dalam menjalankan tugas imamiah, Yesus berhak menguduskan. Beberapa tindakan Yesus yang bersifat menguduskan yaitu mengampuni para pendosa, mengusir setan dan roh jahat, memimpin Perjamuan Malam Terakhir (PMT - oleh Gereja diperingati dalam bentuk ekaristi), berdoa, memberkati, mengurapi, serta mencurahkan Roh Kudus.

Berikan contoh tindakan Yesus yang menjalankan tugas rajawiNya dalam injil!

Dalam menjalankan tugas rajawi, Yesus tidak menjadi seorang raja, melainkan menjadi pelayan. Ia ingin menunjukkan citra pemimpin yang diharapkanNya, yakni melayani. Ia memberi teladan, membasuh kaki muridNya, memberi makan orang lain, menyembuhkan orang sakit, serta mengutus para muridNya untuk mewartakan kerajaan Allah ke seluruh dunia.

Jelaskan yang dimaksud dengan Tugas Liturgia!

Tugas litrugia (litrugi) artinya ikut serta dalam perayaan ibadat resmi yang dilakukan Yesus Kristus dalam GerejaNya kepada Allah Bapa.

Apa tujuan dari tugas liturgia Gereja?

Melalui bidang karya ini, setiap anggota diharapkan dapat menemukan, mengakui, dan menyatakan identitas kristiani mereka dalam Gereja Katolik yang dinyatakan dengan doa, simbol, lambang-lambang, dan dalam kebersamaan umat.

Apa yang dimaksud dengan imamat umum?

Imamat umum adalah imamat yang diterima semua orang Kristen setelah mereka dibaptis. Tugas ini dilaksanakan dengan berdoa, menyambut sakramen, memberi kesaksian hidup, pengingkaran diri, melaksanakan cinta kasih secara aktif dan kreatif. 

Apa yang dimaksud dengan imamat jabatan?

Imamat jabatan adalah kuasa dari Yesus Kristus kepada sebagian anggota Gereja yang diberi tugas khusus untuk melayani dan membimbing pelaksanaan imamat umum. Pemberian tugas ini diterimakan dalam upacara penahbisan. Tugas ini dilaksanakan dalam membentuk, memimpin, dan memberikan pelayanan sakramen-sakramen.

Apa perbedaan imamat umum dan imamat jabatan?

Imamat UmumImamat Jabatan
Dapat diterima oleh semua orangHanya dapat diterima oleh orang-orang tertentu
Dilakukan dalam bentuk pembaptisanDilakukan dalam bentuk pentahbisan
Bertugas untuk menjalankan ajaran YesusBertugas untuk membimbing umat/awam
dalam melaksanakan ajaran Yesus


Jelaskan yang dimaksud dengan sakramen-sakramen Gereja dan berikan contohnya!

Perayaan sakramen adalah perayaan yang menghadirkan Allah secara nyata dan rahmat-rahmatNya. Perayaan sakramen merupakan liturgi dalam arti yang paling tinggi dalam Gereja. Sesuai tradisi, Gereja merayakan 7 (tujuh) sakramen, yakni sakramen baptis, ekaristi, tobat, krisma, perkawinan, imamat, dan perminyakan/pengurapan orang sakit.

Jelaskan yang dimaksud dengan sakramentali Gereja dan berilah contohnya!

Perayaan sakramentali Gereja yaitu perayaan ibadat yang mirip sakramen dan yang memberikan buah-buah rohani yang ditandai dan diperoleh melalui doa-doa permohonan dengan perantara Gereja. Ada dua macam sakramentali
1. Pemberkatan = pemberkatan orang, benda rohani, tempat, dan makanan
2. Pemberkatan dalam arti tahbisan rendah

  • Penahbisan lektor, akolit, dan katekis
  • Pemberkatan benda/tempat untuk kepentingan liturgi, seperti kapel, altar, air, air suci, minyak suci, dll. 

Jelaskan yang dimaksud dengan perayaan devosional dan berilah contohnya!

Perayaan devosional adalah perayaan ibadat untuk menghormati rahasia kehidupan Yesus yang tertentu, contohnya, devosi jalan salib (kisah sengsara Yesus), devosi kerahiman Ilahi (kelembutan dan kemurahan hati Yesus), serta menghormati dan meneladani orang kudus dalam Gereja, seperti Devosi pada Santa Perawan Maria, Devosi kepada St. Fransiskus, Devosi kepada St. Antonius, dll.

Jelaskan yang dimaksud dengan Tugas kerygma!

Pewartaan (kerygma) berarti ikut serta membawa kabar gembira bahwa Allah telah menyelamatkan dan menebus manusia dari dosa melalui Yesus Kristus, PutraNya.

Berilah contoh bentuk pelaksanaan tugas Kerygma Gereja di zaman ini!


  1. Khotbah (pewartaan tematis) dan homili (pewartaan berdasarkan perikop kitab suci) yang merupakan pewartaan dari mimbar. Khotbah yang baik harus menyapa manusia dan harus dapat menciptakan komunikasi dua arah secara batiniah. 
  2. Pelajaran agama. Diharapkan para guru agama mendampingi para siswa untuk menemukan makna hidupnya dalam teran Kitab Suci dan ajaran Gereja. Pelajaran Agama adalah proses pergumulan hidup nyata dalam terang iman. 
  3. Katekese umat, kegiatan suatu kelompok umat, yakni aktif berkomunikasi untuk menafsirkan hidup nyata dalam terang injil, yang diharapkan berkelanjutan dengan aksi nyata, sehingga dapat merubah masyarakat menjadi lebih baik. Contoh : pendalaman kitab suci yang dilakukan dalam keluarga, kelompok, atau pada kesempatan khusus (APP, adven, BKSN).

Jelaskan yang dimaksud dengan Tugas Koinonia!

Persekutuan (koinonia) berarti ikut serta dalam persekutuan/persaudaraan sebagai anak-anak Bapa dengan pengantaraan Kristus dalam kuasa Roh Kudus. Koinonia juga merupakan perseketuan jemaat dalam Kristus, walaupun banyak anggota namun membentuk satu tubuh Kristus. Di dalam Koinonia, kita tidak hanya sekedar bersekutu, tetapi juga mengabarkan injil kerajaan Allah melalui perkataan (martyria) maupun perbuatan (diakonia).


Jelaskan apa yang menjadi model persekutuan Gereja saat ini dan sebutkan ciri-cirinya!


Gambaran tentang persekutuan umat/komunitas basis model jemaat pertama (Kis4:32-37) menjadi model/cermin bagi kita untuk membangun persekutuan umat/komunitas basis. 

Ciri-ciri
1. Persaudaraan/persekutuan antar umat Allah
2. Mendengarkan sabda dan pengajaranNya
3. Pelayanan terhadap sesama atau solidaritas
4. Perayaan iman berupa pemecahan roti dan doa
5. Memberi kesaksian iman tentang Tuhan melalui cara hidup mereka. 

Apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan tugas koinonia?

Melalui bidang karya ini, dapat menjadi sarana untuk membentuk jemaat yang berpusat dan menampakkan kehadiran Kristus. Hal ini berhubungan dengna 'cura anima' (pemeliharaan jiwa-jiwa) dan menyatakan jemaat sebagai Tubuh Mistik Kristus. Oleh karena itu, diharapkan dapat menciptakan kesatuan antar umat, baik dengan paroki/keuskupan maupun dengan masyarakat.

Berilah contoh bentuk pelaksanaan tugas koinonia Gereja!


  1. Mengikuti doa lingkungan yang biasanya diadakan secara rutin dari satu keluarga ke keluarga lainnya.
  2. Mengikuti seluruh acara yang dselenggarakn Gereja, seperti retret, camping rohani, seminar, dll. 
  3. Ikut serta dalam berbagai kelompok kategorial , seperti REKAT, OMK, persekutuan doa, Organisasi sosial rohani, dll.  

Jelaskan yang dimaksud dengan Tugas Diakonia!

Pelayanan (Diakonia) berarti ikut serta dalam melaksanakan karya karitatif/cinta kasih melalui aneka kegiatan amal kasih Kristiani, khususnya kepada mereka yang terlantar, miskin, lemah, dan terpinggirkan.

Apa tujuan dari tugas diakonia Gereja?

Tugas diakonia Gereja bertujuan agar umat beriman mampu bekerja sama dalam kasih, terbuka dengan penuh empati, partisipasi, dan ikhlas hati untuk berbagi satu sama lain dalam usaha untuk mempertanggung jawabkan pribadi mereka terhadap kesejahteraan sesamanya, terutama mereka yang lemah dan terpinggirkan.

Berilah conoh bentuk pelaksanaan tugas diakonia Gereja!

  1. Memberi bantuan kepada korban bencana alam, peperangan, dsb.
  2. Ikut serta dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan di panti asuhan, panti jompo, atau di rumah-rumah anak jalanan.
  3. Ikut serta dalam kegiatan Gereja, masyarakat, maupun sekolah yang ada kaitannya dengan sosial (contoh di sinlui : IMERSI)
  4. Membantu orang lain yang sangat membutuhkan pertolongan kita.


Jelaskan yang dimaksud dengan Tugas Martyria!

Kesaksian (Martyria) berarti ikut serta dalam menjadi saksi Kristus bagi dunia. Martyria berasal dari kata marturion dalam Bahasa Yunani yang berarti kesaksian. Saksi merujuk pada pribadi orang yang mengetahui/mengalami suatu peristiwa dan mampu memberikan keterangan yang benar. 

Apa tujuan dari tugas Martyria Gereja?

Melalui bidang karya ini, umat beriman diharapkan dapat menjadi ragi, garam, dan terang di tengah masyarakat sekitarnya. Selain itu, anggota masyarakat - terutama yang miskin dan terpinggirkan - dihantar pada kerinduan akan kebenaran dan cinta kasih Allah yang menyelamatkan. 

Bagaimana bentuk pewartaan martyria yang tepat untuk masyarakat yang majemuk di negara kita?

Pewartaan dalam bentuk kesaksian hidup mungkin sangat relevan bagi kita di Indonesia, bangsa yang majemuk dalam kepercayaan dan budayanya. Pewartaan verbal mungkin kurang simpatik dibandingkan dengan pewartaan lewat dialog, termasuk dialog hidup, yakni kita mewartakan iman kita melalui kesaksian hidup kita. Kita dapat menunjukkan hidup yang penuh kasih dan persaudaraan di tengah situasi yang sarat dengan permusuhan, kekerasan, dan terorisme. Kita dapat menunjukkan hidup yang semangat solider di tengah suasana hidup yang serakah dan fenomena KKN yang merajalela akibat nafsu kepentingan pribadi atau golongan.


POKOK BAHASAN 4 : KISAH PERTOBATAN ST. VINCENTIUS

Semua pertanyaan di bab ini  memerlukan tanggapan pribadi. Sebelum mengerjakan bab ini, ada baiknya untuk membaca secara keseluruhan isi materi bab ini di buku Diktat. 

POKOK BAHASAN 5 : MELANJUTKAN TUGAS PEWARTAAN KERAJAAN ALLAH DALAM DUNIA


[coming soon]

Komentar

  1. Best Casinos Near Atlanta, GA - Mapyro
    Find 안양 출장안마 all Casinos 동해 출장샵 Near Atlanta, 공주 출장마사지 GA, in one place 파주 출장샵 - Mapyro - America's top rated and best 경상남도 출장마사지 rated real money casinos in the United States.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Syukur Agung II

Doa Syukur Agung I

Peralatan Liturgi