Doa Syukur Agung I

Doa Syukur Agung I

[Kanon Romawi]


I
Ya Bapa yang mahamurah, dengan rendah hati kami mohon demi Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami: Sudilah menerima dan memberkati pemberian ini, persembahan ini, kurban kudus yang tak bernoda ini. Kami mempersembahkannya kepadaMu pertama-tama untuk GerejaMu yang kudus dan Katolik. Semoga Engkau memberikan kepadanya damai, perlindungan, persatuan, dan bimbingan di seluruh dunia bersama hambaMu Paus Kami ... dan Uskup kami ... serta semua orang yang menjaga dan menumbuhkan iman Katolik, sebagaimana kami terima dari para rasul.

Ingatlah, Ya Tuhan, akan hamba-hambaMu ... yang meminta doa kami dan semua orang yang berhimpun di sini, yang iman dan baktinya Engkau kenal dan Engkau maklumi; bagi mereka, kuran ini kami persembahkan kepadaMu. Ingatlah juga akan mereka yang mempersembahkan kepadaMu kurban pujian ini bagi dirinya sendiri dan bagi kaum kerabatnya untuk penebusan jiwa mereka, untuk keselamatan dan kesejahteraan yang mereka harapkan dariMu, ya Allah yang benar, hidup dan kekal.


Communicantes (ada rumus lain untuk kesempatan khusus)


Dalam persatuan dengan seluruh Gereja, kami mengenang dan menghormati: terutama Santa Maria, tetap perawan mulia, Bunda Yesus Kristus, Tuhan dan Allah kami,
Santo Yusuf, suaminya, serta para rasul dan para MartirMu yang bahagia, Petrus dan Paulus, Andreas, (Yakobus dan Yohanes, Tomas, Yakobus dan Filipus, Bartolomeus dan Matius, Simon dan Tadeus: Linus, Kletus, Klemens, dan Sikstus, Kornelius dan Siprianus, Laurensius dan Krisogonus, Yohanes dan Paulus, Kosmas dan Damianus) dan semua orang kudusMu, Atas jasa dan doa mereka, lindungilah dan tolonglah kami dalam segala hal. Demi Kristus Tuhan Kami.
U
Amin.


(Ada rumusan lain untuk kesempatan khusus.)
I
* Maka kami mohon, Ya Tuhan, sudilah menerima persembahan kami, hamba-hambaMu, dan persembahan seluruh keluargaMu ini: Bimbinglah jalan hidup kami dalam damaiMu, luputkanlah kami dari hukuman kekal, dan terimalah kami dalam kawanan para pilihanMu. Demi Kristus, Tuhan kami.
U
Amin.

I
Ya Allah, kami mohon, sudilah memberkati dan menerima persembahan kami ini sebagai persembahan yang sempurna, yang benar, dan yang berkenan padaMu, agar bagi kami menjadi (†) Tubuh dan Darah PutraMu terkasih, Tuhan Kami, Yesus Kristus.


Misdinar/putra altar membunyikan lonceng/gong/keprak


I
Pada hari sebelum menderita, Ia mengambil roti dengan tanganNya yang kudus dan mulia, dan sambil menengadah kepadaMu, Allah BapaNya yang mahakuasa, Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-muridNya seraya berkata:
TERIMALAH DAN MAKANLAH:
INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN BAGIMU.


Ketika imam memperlihatkan Hosti Suci dengan mengangkatNya, Umat memandangNya. Ketika Imam meletakkan Hosti Suci dan berlutut, Umat menundukkan kepala dengan hormat dan khidmat.


I
Demikian pula, sesudah perjamuan, Ia mengambil piala yang luhur dengan tanganNya yang kudus dan mulia. Sekali lagi Ia mengucap syukur dan memuji dikau lalu memberikan piala itu kepada murid-muridNya seraya berkata:
TERIMALAH DAN MINUMLAH:
INILAH DARAHKU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.


Ketika imam memperlihatkan Piala dengan mengangkatNya, Umat memandangNya. Ketika Imam meletakkan Piala dan berlutut, Umat menundukkan kepala dengan hormat dan khidmat.


Lagu/doa anamneses

I
Oleh karena itu, ya Bapa, kami, hambaMu, dan juga umatMu yang kudus mengenangkan Kristus, PutraMu, Tuhan Kami: penderitanNya yang menyelamatka, kebangkitanNya dari alam maut, dan juga kenaikanNya yang mulia ke surga. Dari anugerah-anugerah yang telah Engkau berikan kepada kami, ya Allah yang mahamulia, kami mempersembahkan kepadaMu, kurban yang murni, kurban yang suci, kurban yang tak bernoda, roti suci kehidupan abadi dan piala keselamatan kekal.
Sudilah memandang persembahan ini dengan hati yang rela dan wajah berseri; dan sudilah menerimanya seperti Engkau berkenan menerima persembahan hambaMu Habel dan kurban leluhur kami Abraham, dan seperti Engkau berkenan menerima kurban suci dan tak bernoda yang dipersembahkan kepadaMu oleh Melkisedek, Imam AgungMu

Kami mohon kepadaMu, ya Allah yang mahakuasa, utuslah malaikatMu yang kudus mengantar persembahan ini ke altarMu yang luhur, ke hadapan keagungan ilahiMu, agar kami semua yang mengambil bagian dalam perjamuan ini, dengan menyambut Tubuh dan Darah PutraMu, dipenuhi dengan segala berkat dan rahmat surgawi. Demi Kristus, Tuhan kami.

U
Amin.

I
Ingatlah pula, Ya Tuhan, akan hamba-hambaMu ... dan .... yang telah mendahului kami dengan meterai iman dan beristirahat dalam damai.

Kami mohon kepadaMu, Ya Tuhan, perkenankanlah mereka dan semua orang yang telah beristirahat dalam Kristus mendapat kebahagiaan, terang, dan damai. Demi Kristus, Tuhan kami.

U
Amin.

I
Perkenankanlah juga kami, hamba-hambaMu yang berdosa ini, yang berharap atas kerahimanMu yang melimpah, mengambil bagian dalam persekutuan dengan para rasul dan para MartirMu yang kudus: dengan Yohanes Pembaptis, Stefanus, Matias dan Barnabas, (Ignatius dan Aleksander, Marsellinus dan Petrus, Felisitas dan Perpetua, Agata dan Lusia, Agnes, Sesilia, dan Anastasia) dan semua orang kudusMu: perkenankanlah kami menikamti kebahagiaan bersama mereka, bukan karena jasa-jasa kami, melainkan karena kelimpahan pengampunanMu. Demi Kristus Tuhan Kami.

U
Amin.

I
Dengan pengantaraan Dia, Engkau senantiasa mencipatakan, menguduskan, menghidupkan, memberkati, dan menganugerahkan segala yang baik kepada kami.

Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagimu Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan, sepanjang segala masa.

U
Amin.


Source:
Konferensi Waligereja Indonesia, 2005, Tata Perayaan Ekaristi Buku Umat, Jakarta: Penerbit Kanisius



Lihat juga :

  • Doa Syukur Agung II
  • Doa Syukur Agung III
  • Doa Syukur Agung IV
  • Doa Syukur Agung V [Bapa Maharahim - Tobat I]
  • Doa Syukur Agung VI [Bapa Maharahim - Tobat II]
  • Doa Syukur Agung VII [Untuk Berbagai Kepentingan]
  • Doa Syukur Agung VIII "Syukur BagiMu, Ya Bapa" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak I]
  • Doa Syukur Agung IX "Betapa Besar KasihMu" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak II]
  • Doa Syukur Agung X "Allah Baik Hati" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak III]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Syukur Agung II

Peralatan Liturgi