Doa Syukur Agung II

Doa Syukur Agung II


I
*Sungguh kuduslah Engkau, Ya Bapa, sumber segala kekudusan. Oleh sebab itu, pada hari Minggu ini kami menghadap Dikau sehati-sejiwa dengna jemaat-jemaat separoki dan sekeuskupan dalam kesatuan dengan seluruh Gereja. Dalamm perayaan ini kami mengenangkan bahwa Kristus bangkit dari alam maut. Engkau telah meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama yang mengatasi segala nama. Dalam nama Dia yang adalah Tuhan, kami mohon: Kuduskanlah persembahan ini dengan daya RohMu, agar bagi kami menjadi (†) Tubuh dan Darah PutraMu terkasih, Tuhan Kami, Yesus Kristus.

Misdinar/putra altar membunyikan lonceng/gong/keprak

I
Ketika akan diserahkan untuk menanggung secara rela, , Yesus mengambil roti, mengucap syukur kepadaMu, lalu memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-muridNya seraya berkata:
TERIMALAH DAN MAKANLAH:
INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN BAGIMU.


Ketika imam memperlihatkan Hosti Suci dengan mengangkatNya, Umat memandangNya. Ketika Imam meletakkan Hosti Suci dan berlutut, Umat menundukkan kepala dengan hormat dan khidmat.


I
Demikian pula, sesudah perjamuan, Yesus mengambil piala. Sekali lagi Ia mengucap syukur kepadaMu, lalu memberikan piala itu kepada murid-muridNya seraya berkata:
TERIMALAH DAN MINUMLAH:
INILAH DARAHKU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.


Ketika imam memperlihatkan Piala dengan mengangkatNya, Umat memandangNya. Ketika Imam meletakkan Piala dan berlutut, Umat menundukkan kepala dengan hormat dan khidmat.


Lagu/doa anamneses


I
Sambil mengenangkan wafat dan kebangkitan Kristus, kami mempersembahkan kepadaMu, ya Bapa, roti kehidupan dan piala keselamatan. Kami bersyukur sebab kami Engkau anggap layak menghadap Engkau dan berbakti kepadaMu. Kami mohon agar kami yang menerima Tubuh dan Darah Kristus dihimpun menjadi satu umat oleh Roh Kudus.

Bapa, perhatikanlah GerejaMu yang tersebar di seluruh bumi. Sempurnakanlah umatMu dalam cinta kasih, dalam persatuan dengan Paus kami ... dan Uskup kami ..., serta para imam, diakon, dan semua pelayan sabdaMu. 


Dalam ekaristi Arwah dapat ditambahkan:
I
Ingatlah akan hamba-hambaMu ... yang (hari ini) (telah) Engkau panggil ke hadiratMu. Ketika dibaptis Saudara kami ini menjadi satu dengan Kristus. Ia (mereka) telah menjadi serupa dengan Dia dalam kematian. Semoga kini ia (mereka) menjadi serupa pula dengan Dia dalam kebangkitan.

I
Ingatlah (pula) akan saudara-saudari kamu, kaum beriman, yang telah meninggal dengan harapan akan bangkit, dan akan semua orang yang telah berpulang dalam kerahimanMu. Terimalah mereka dalam cahaya wajahMu.

Kasihanilah kami semua agar kami Engkau terima dalam kebahagiaan abadi bersama Santa Maria, perawan dan Bunda Allah, bersama para rasul dan semua orang kudus, dari masa ke masa yang hidupnya berkenan di hatiMu. Semoga kami pun Engkau perkenankan untuk turut serta memuji dan memuliakan Dikau, dengan pengantaraan Yesus Kristus, PutraMu.


Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagimu Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan, sepanjang segala masa.

U
Amin.


Source:
Konferensi Waligereja Indonesia, 2005, Tata Perayaan Ekaristi Buku Umat, Jakarta: Penerbit Kanisius



Lihat juga :

  • Doa Syukur Agung I [Kanon Romawi]
  • Doa Syukur Agung III
  • Doa Syukur Agung IV
  • Doa Syukur Agung V [Bapa Maharahim - Tobat I]
  • Doa Syukur Agung VI [Bapa Maharahim - Tobat II]
  • Doa Syukur Agung VII [Untuk Berbagai Kepentingan]
  • Doa Syukur Agung VIII "Syukur BagiMu, Ya Bapa" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak I]
  • Doa Syukur Agung IX "Betapa Besar KasihMu" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak II]
  • Doa Syukur Agung X "Allah Baik Hati" [Untuk Misa Bersama Anak-Anak III]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Syukur Agung I

Peralatan Liturgi