BKS Kelas 11 Semester Genap

Artikel ini hanya membantu anda menyelesaikan tugas psikomotor BKS, bukan menjadi jaminan nilai UH anda lolos. Jawaban harus ditulis tangan lagi di Buku BKS masing-masing (tidak boleh tempel) dan dimengerti sebagai bagian dari pembelajaran persiapan ulangan! (Pada dasarnya, semua jawaban terdapat di buku Diktat) 

Bagian pendalaman materi wajib diisi sendiri karena jawaban tiap orang berbeda! (Butuh tanggapan pribadi)


BAB1 

AJARAN SOSIAL GEREJA





Bagaimana pandangan Gereja tentang dunia sebelum Konsili Vatikan II beserta dasarnya?

  1. Dunia dipandang negatif (1 Yoh 2:15-16)
  2. Merupakan hambatan dan rintangan untuk mencapai keselamatan 
  3. Pandangan dangkal terhadap kitab suci (1Yoh 2:15-16, 1Yoh 5:19, Roma 12:2)

Apa saja praktik-praktik hidup menggereja yang muncul dari pandangan tersebut?

Pada zaman dahulu, dunia seringkali dipandang negatif sebagai dunia berdosa sehingga terdapat gagasan bahwa hidup manusia tidak berharga, berbahaya, jahat, dan tidak termasuk lingkup keselamatan, bahkan merupakan halangan dan dan rintangan bagi manusia untuk mencapai keselamatan. 

Bagaimana pandangan tentang dunia setelah Konsili Vatikan II?

  • Dunia dianggap sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala yang ada di sekelilingnya
  • Dunia adalah pentas hidup manusia
  • Dunia ditandai dengan segala usaha manusia
  • Dunia diciptakan dan dipelihara oleh cinta kasih Tuhan
  • Dunia telah dikemerdekakan oleh Kristus
  • Dunia telah disusun kembali dengan rencana Allah untuk mencapai kesempurnaan

Apa saja praktik-praktik hidup menggereja yang muncul dari pandangan tersebut?

Saat ini, Gereha lebih fokus pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Banyak komunitas di Gereja yang menangani koperasi, masyarakat miskin, dll. Gereja juga bersedia menyatu dengan dunia, seperti misa yang dilakukan di sebuah rumah, permberkatan mobil, rumah, dll. 

Bagaimana pandangan tentang Manusia setelah Konsili Vatikan II?

Manusia adalah ciptaan yang memiliki akhlak budi, kehendak bebas, dan hati nurani. Ketiganya menunjukkan bahwa manusia sebagai citra Allah, ciptaan yang istimewa. Pribadi manusia saling bergantung pada masyarakat, sesuai rencana Tuhan. Allah menghendaki agar semua manusia membentuk satu keluarga dan memperlakukan seseorang akan yang lain dengan jiwa persaudaraan (Gaudium et Spes 24). Kristus sendiri berdoa agar semua menjadi satu seperti kita pun satu adanya (Yoh17:21-22)

Bagaimana pandangan tentang usaha dan karya Gereja setelah Konsili Vatikan II?

Manusia dipilih menjadi “rekan kerja” Tuhan dalam melaksanakan perkembangan dunia. Usaha dan karya manusia mempunyai nilai yang luhur, karena menjadi partner Tuhan dalam menyelamatkan dan menyempurnakan dunia serta dirinya sendiri.


Apa misi dan tugas Gereja dalam Dunia?

Misi:
Mewartakan kerajaan Allah kepada seluruh umat manusia 

Tugas:
Memberi kesaksian tentang kebenaran
Menyelamatkan dan bukan untuk menghakimi
Melayani, bukan dilayani

Jelaskan paham Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia dan contohnya!

Gereja menjadi terang, garam, dan ragi bagi dunia. Dunia menjadi tempat atau ladang untuk berbakti. Dunia tidak dihindari dan dijauhi, tetapi didatangi dan ditawari keselamatan. Gereja memfasilitasi usaha dunai untuk ke arah baik, contohnya Gereja Semarang ikut ambil bagian dalam usaha menyelesaikan masalah Indonesia-Belanda pada Pertempuran 5 Hari di Semarang.  


Jelaskan paham Gereja sebagai mitra dialog bagi dunia dan contohnya!

Gereja dapat mewartakan nilai-nilai injili dan dunia dapat mengembangkan kebudayaanya, adat istiadat, alam pikiran, ilmu pengetahuan, dan teknologi sehingga Gereja dapat lebih efektif dalam menjalankan misinya di dunia. 
Contohnya. di Yogyakarta, Gereja dibuat menyatu dengan budaya adat Jawa. Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran memiliki bangunan yang sangat kental akan budaya Jawa. 

   

Carilah dan tuliskan dokumen Gereja yang berbicara tentang hubungan Gereja dan dunia!

"...Konsili Vatikan II tanpa ragu-ragu mengarahkan amanatnya bukan lagi hanya kepada putra dan putri Gereja dan sekalian orang yang menyerukan nama Kristus, melainkan kepada semua orang. Kepada mereka semua konsili bermaksud menguraikan bagaimana memandang kehadiran serta kegiatan Gereja di dunia masa kini." (bdk. Gaudium et Spes Art.2) 


Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan Gereja dalam melaksanakan tugasnya di dunia seturut dokumen Gereja! (Gaudium et Spes)

  1. menolak secara tegas segala bentuk perbudakan dan pemerkosaan martabat dan pribadi manusia
  2. menempatkan dan memperjuangkan martabat manusia sesuai maksud dan tujuan Allah
  3. membangkitkan karya-karya yang melayani semua orang
  4. mendorong semua usaha ke arah persatuan, sosialisasi, dan persekutuan yang sehat di bidang kewargaan dan ekonomi
  5. bersikap positif dan mendorong kemajuan IPTEK demi kesejahteraan manusia
  6. menghargai setiap usaha manusia sebagai bagian dari rencana Allah. 

Jelaskan paham Gereja menghormati otonomi dunia dan contohnya!

Gereja tetap menghormati otonomi dunia dengan sifatnya yang sekuler, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai yang dapat menyejahterakan manusia dan membangun sendi-sendi kerajaan Allah. Gereja menghormati segala kebijakan negara di berbagai bidang.




Apa yang melatarbelakangi munculnya ASG?

Melihat permasalahan dunia yang terjadi, Gereja sebagai persekutuan umat beriman dan bagian dari dunia tentunya tidak akan diam. Sikap ASG muncul dari pemikiran Paus Yohanes XXIII yang melahirkan Konsili Vatikan II, yang membuahkan hasil berupa dokumen penting yang mewarnai tonggak sejarah Gereja dalam kehidupannya di dunia luar, berbanding terbalik pada kondisi sebelumnya ketika Gereja tertutup dari dunia luar. 


Apa yang dimaksud dengan ASG?

ASG merupakan tanggapan Gereja terhadap fenomena atau persoalan yang dihadapi oleh  umat manusia dalam bentuk himabauan, kritik, atau dukungan. ASG juga berarti ajaran Gereja yang diperuntukkan bagi kebaikan bersama dalam masyarakat kepada kebenaran. 


Jelaskan secara singkat sumber ASG!

  • Kitab suci, terutama 10 perintah Allah
  • Pengajaran para Bapa Gereja dan Pujangga Gereja, terutama St. Agustinus dalam buku "The City of God" dan St. Thomas Aquinas "Summa Theologiae"
  • Pengajaran Bapa Paus, yakni surat ensiklik dan pengajaran lisan. Paus sekarang mengajarkan segala sesuatu yang telah menjadi pengajaran Gereja sepanjang sejarah, dan ajaran Paus terdahulu tetap berlaku. 

Sebutkan prinsip dasar yang ada dalam ASG!

  • menjunjung tinggi martabat manusia
  • mengusahakan hubungan timbal balik antara dua kelompok
  • semua kegiatan harus sesuai dengan prinsip moralitas praktis
  • setiap orang harus melihat sesamanya sebagai diri sendiri
  • solidaritas membantu kita melihat orang lain sebagai sesama, bukan alat
  • pihak yang lemah harus dibantu
  • kasih harus melampaui keadilan

Bagaimana keterlibatan Gereja Katolik dalam kehidupan masyarakat?

  • Gereja mementingkan peran otoritas dalam kemasyarakatan karena komunitas manusia membutuhkan otoritas untuk memimpinnya.
  • Kesejahteraan umum menjadi tujuan prinsip kehidupan masyarakat. 
  • Prinsip tanggung jawab dan partisipasi setiap pihak dalam masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. 

Sebutkan nilai nilai yang terkandung dalam ASG!

  • membela martabat manusia, menghargai haknya, membangun keluarga dan kebebasan beragama
  • bertujuan untuk kesejahteraan umum
  • solidaritas, mendukung partisipasi dan kerjasama di dalam kelompok dan antar kelompok masyarakat
  • subsidiaritas, memberdayakan kelompok masyarakat
  • mengutamakan fakir miskin 

ASG dituangkan berupa ensiklik-ensiklik yang terdapat dalam dokumen Konsili Vatikan II. Apa isi dari ensiklik tersebut?


Nama ensiklikisi
Rerum Novarum
Dilatarbelakangi oleh adanya Revolusi Industri, terjadi kemiskinan luar biasa pada kaum pekerja, tidak adanya perlindungan pekerja oleh penguasa, dan kesenjangan sosial yang lebar. RN berupaya untuk mempromosikan martabat manusia lewat keadilan upah pekerja, hak buruh, hak milik pribadi, persaudaraan antara kaya dan miskin, serta soal pemogokan (cuti)

Kata kunci : hak buruh, Revolusi Industri
Quadragessimo Anno
QA bermaksud menggugat kebijakan kebijakan ekonomi zaman itu pada saat kemunculan diktator di Eropa. Selain itu, hak-hak pribadi dan kepemilikan bersama, pembahasan sosialisme dan kapitalisme menjadi tema pokok dalam dokumen yang ditulis oleh Paus Pius XI, 40 tahun setelah Rerum Novarum diterbitkan.

Kata kunci: diktator, sosialisme dan kapitalisme
Mater et Magistra
MM dilatarbelakangi oleh kemiskinan luar biasa di negara selatan dan maraknya permasalahan sosial dalam skala luas. Kemiskinan di Asia, Afrika, dan Amerika Latin, menurut Yohanes XXIII, adalah produk dari sistem tata dunia yang tidak adil.

Kata kunci: kemiskinan luar biasa, negara selatan
Pacem in Terris
PT muncul sebagai akibat adanya Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur, pendirian tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, serta krisis Micile Kuba. Tema pokok yang dibahas adalah penghentian perlombaan senjata, Perang Dingin, produksi senjata nuklir, dan komitmen Gereja terhadap perdamaian dunia.

Kata kunci: Perang Dingin, senjata, perdamaian
Gaudium et Spes
GS menaruh keprihatinan secara luas pada tema hubungan Gereja dan Dunia modern. GS menjelaskan tentang perubahan dalam tata hidup masyarakat saat ini, martabat manusia, ateisme sistematis dan ateisme praktis, aktivitas manusia, beberapa masalah mendesak (perkawinan, keluarga, cinta kasih, suami istri, kesuburan perkawinan, kebudayaan dan iman, pendidikan kristiani, kehidupan sosial ekonomi), harta benda bagi semua oreang, perdamaian bangsa bangsa, pencegahan perang, dan kerjasama internasional, termasuk Perang Dingin dan munculnya negara baru.

Kata kunci: Dunia modern, perkawinan, keluarga, cinta kasih, suami istri, kesuburan perkawinan, kebudayaan dan iman, pendidikan kristiani, kehidupan sosial ekonomi, ateisme, perdamaian
Populorum Progressio
PP berisi tentang perkembangan bangsa manusia saat ini, kesulitan yang dihadapi, kerjasama antar bangsa, dukungan organisasi internasional, serta kemajuan diperlukan bagi perdamaian. PP ditulis oleh Paus Paulus VI sebagai akibat dari perang ideologis dan antar kepentingan serta ancaman kemiskinan.

Kata kunci: perang ideologis, perang Vietnam
Octogessima Adveniens
OA mengajukan masalah diskriminasi warna kulit, asal usul, budaya, seks, dan agama. Melalui OA, Gereja mendorong umatnya untuk ambil bagian secara aktif dalam masalah politik dan mendesak untuk memperjuangkan nilai semangat injili.

Kata kunci: diskriminasi, politik, nilai semangat injili
Redemptor Hominis
RE berisi mistersi penebusan manusia di zaman modern, kemajuan, dan akibatnya, serta misi Gereja untuk menjawab persoalan zaman ini. RE juga mendiskusikan tentang HAM.

Kata kunci: HAM
Laborem Exercens
LE dilatar belakangi oleh besarnya jumlah pengangguran dan pemerasan terhadap pekerja migran. Melalui dokumen ini, Gereja mengkritik tajam komunisme dan kapitalisme sekaligus sebagai yang memperlakukan manusia sebagai alat produktivitas.

Kata kunci: Komunisme dan kapitalisme, manusia sbg alat produktivitas. pengangguran
Sollicitudo Rei Socialis
SRS dilatarbelakangi oleh munculnya perang ideologi dan ketimpangan sosial antara negara Selatan dan Utara yang luar biasa besarnya. Selain itu, konsumerisme dan dosa struktural semakin besar dalam hidup manusia.  Dalam ensiklik ini, Gereja mengajukan makna baru tentang pengertian "the structures of sin".

Kata kunci: perang ideologi,  ketimpangan sosial, konsumerisme dan dosa struktural, the structures of sin
Centessimus Annus
CA menjelaskan prinsip harta benda dunia diperuntukkan bagi semua orang, negara, dan kebudayaan, serta prinsip manusia ialah jalan bagi Gereja, dan soal lingkungan hidup. Ensiklik ini muncul sebagai akibat dari runtuhnya tembok Berlin serta bebasnya Nelson Mandela sekaligus memperingati 100 tahun RN. Ensiklik ini juga membahas tentang hal baru zaman sekarang.

Kata kunci: harta benda dunia, hal baru zaman sekarang
Caritas in Veritate
CV membahas mengenai penghormatan Gereja mengenai kemajuan teknologi, sekaligus kritik Gereja terhadap globalisasi yang sangat berdampak pada orang miskin. CV ditulis oleh Paus Benediktus XVI pada tahun 2009.

Kata kunci: Globalisasi, teknologi
Laudato Si
LS berisi pandangan Gereja mengenai kondisi lingkungan di bumi saat ini. Melalui LS, Paus Fransiskus menyerukan seluruh umat di dunia untuk berevolusi memerangi perubahan iklim, pemujaan manusia pada teknologi, dan ketergantungan pada bahan bakar fosil yang telah mencuri keindahan alam dan keragamannya yang berguna bagi generasi mendatang.

Kata kunci: lingkungan hidup, perubahan iklim, pemujaan teknologi, bahan bakar fosil

Sumber dari semua krisis yang terjadi sekarang ini di negara kita adalah krisis moral. Beberapa hal buruk secara moral yang paling terasa ialah sebagai berikut (beserta contohya)!

a. Tindakan KKN yang masih merajalela di negara kita
  • tindakan suap dalam suatu proyek pemerintah (banyak pejabat yang menggunakan uang negara untuk kepentingan tertentu)
  • penggunaan kekuasaan jabatan untuk kepentingan pribadi (kasus Garuda)
b. Pelanggaran narkotika menjadi masalah yang sangat pelik bagi para remaja di Indonesia
  • Banyak kasus peredaran narkoba yang ditangkap oleh kepolisian, bea cukai, dan BNN. Menurut BNN, sebagian besar pengguna narkoba adalah kaum milenial. 
c. Pelanggaran etika sudah menjadi tradisi buruk Indonesia
  • Kurangnya sopan santun di masyarakat
  • Kurang disiplin waktu (kebiasaan orang untuk datang terlambat)
  • Kurang bertanggung jawab (seperti tidak membuang sampah pada tempatnya)

Jelaskan faktor apa saja yang membuat ASG kurang kuat!


  • Gereja lebih mementingkan penampilan ibadat daripada penampilan sosial. Padahal, ASG mengajarkan kita untuk mencari solusi mengatasi kemiskinan. 
  • Kurangnya sikap empati dalam diri umat karena kurang bersentuhan dan menyelami penderitaan yang miskin alami. 
  • Adanya kesadaran sebagai seorang minoritas, sehingga mudah tergoda untuk mencari aman dari yang kuat. 
  • Karena perkara sosial dijadikan ajaran, perkara tersebut baru menjadi bahan tertulis yang dapat dipelajari, diketahui, dipahami, dipuji, dijadikan bahan seminar, ataupun dicita-citakan. Padahal, hal tersebut baru memiliki arti jika sudah sampai pada tahap pelaksanaan jalan keluarnya. 

16A1


BAB 2 

EVANGELIZARE PAUPERIBUS MISIT ME




Siapa yang disebut orang miskin?

Mereka yang tidak berdaya untuk memperjuangkan hidupnya menuju taraf hidup yang lebih baik, memiliki pendapatan rendah, tidak ada akses sumber daya terbatas, dan biasanya mengalami penindasan dan menjadi mainan pihak yang memperoleh keuntungan. 

Apakah kemiskinan itu?

Kemiskinan adalah suatu keadaan atau ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer seperti makanan, air, pakaian, serta tempat tinggal.  


Jelaskan pengertian kemiskinan absolut dan berilah contohnya!

Kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang terjadi jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya untuk memelihara fisiknya agar dapat bekerja penuh defisien. 
Contoh: Seseorang yang berpenghasilan rendah dan hidup di ibukota/kota besar.


Jelaskan pengertian kemiskinan relatif dan berilah contohnya!

Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang muncul pada seseorang atau sekelompok orang dibandingkan dengan kondisi orang lain dalam suatu daerah 
Contoh: Seseorang yang memiliki  penghasilan cukup di Indonesia, bila jumlahnya disamakan dengan nilai mata uang di AS, ia bisa termasuk golongan miskin di AS.


Jelaskan pengertian kemiskinan struktural dan berilah contohnya!

Kemiskinan struktural lebih mengacu pada orang atau sekelompok orang yang tetap miskin atau menjadi miskin karena struktur masyarakatnya yang timpang, yang tidak menguntungkan bagi golongan lemah
Contoh: Seseorang yang tinggal di kampung miskin dengan tingkat pendidikan rendah akan sulit keluar dari kondisi tersebut.


Jelaskan pengertian kemiskinan situasional dan berilah contohnya!

Kemiskinan situasional adalah kemiskinan yang terjadi di situasi yang kurang menguntungkan dan oleh karenanya menjadi miskin. 
Contoh: Seseorang yang kaya raya, kemudian mendadak menjadi miskin karena harta bendanya terkena bencana alam.


Jelaskan pengertian kemiskinan kultural dan berilah contohnya!

Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang terjadi karena kultur atau budaya masyarakatnya yang sudah turun-temurun yang membuat mereka menjadi miskin. 
Contoh: kisah seorang anak bernama Hope yang diasingkan keluarganya di usia 2 tahun akibat keluarganya meyakini dia seorang penyihir (kisah nyata di Afrika).


Bagaimana kondisi kemiskinan yang ada di negara kita?

Data Badan Pusat Statistik per Bulan Maret 2018 menunjukkan angka kemiskinan di Indonesia mencapai 9,82 persen (29,95 juta jiwa). Berdasarkan BPS, angka ini pertama kalinya kemiskinan Indonesia di bawah 10 persen. Ini menunjukkan bahwa Indonesia mulai bisa menekan angka kemiskinan, walaupun belum menyeluruh. Pemerintah, melalui komando Presiden Joko Widodo, telah melakukan berbagai usaha, seperti meluncurkan berbagai macam kartu bagi orang miskin, memberikan santunan dan bantuan, dan lain-lain. Namun, kemiskinan di Indonesia tersebar merata di seluruh daerah dan pulau, dan butuh waktu untuk menyelesaikannya. Kemiskinan terjadi akibat banyak faktor, dan menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk mulai dari tingkat terkecil untuk menekan angkat kemiskinan.

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kemiskinan!

a.) Penyebab individual atau patologi
  • kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, pilihan, atau kemampuan si miskin
b.) Penyebab keluarga
  • hubungan kemiskinan dengan pendidikan keluarga
c.) Penyebab subbudaya
  • hubungan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari, atau dijalankan dalam lingkungan sekitar.
d.) Penyebab agensi
  • kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain (perang, pemerintah, ekonomi)
e.) Penyebab struktural
  • kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial

Di manakah kita dapat menjumpai banyak kemiskinan?

Kemiskinan sering kita jumpai di sekitar kita. Bahkan, keluar pintu gerbang sekolah saja kita sudah bertemu dengan orang miskin. Kebanyakan kemiskinan terjadi di daerah terpencil (Papua), daerah lingkungan yang kurang baik (Cepu), daerah yang perekonomianya kurang pesat, dll.








[Another questions will be available soon]



BAB 3 

GEREJA MENGHARGAI KEHIDUPAN


Sebutkan dampak positif dari IPTEK!


  • mengindikasikan tingkat peradaban manusia yang semakin maju
  • dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan dengan cepat
  • membantu manusia semakin mendekatkan diri pad Tuhan
  • mempermudah dan memperlancar akses komunikasi antar manusia
  • menciptakan budaya keterbukaan antar manusia

[Another questions will be available soon]

Komentar

  1. Casino Poker Bonuses 2021
    Find all the best Casino Poker bonuses from the biggest 에이스 포커 poker sites in the world. 야구 사이트 Get 비트 코인 게임 free spins no deposit bonus codes and get free money!What are the 온라인 바카라 게임 best casino pokies bonuses?Do casino pokies 사설 사이트 pay out real money?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Syukur Agung II

Doa Syukur Agung I

Peralatan Liturgi